PENERAPAN E-MODULES BERBASIS LINKTREE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII-I SMP NEGERI 1 BALONGBENDO SIDOARJO
Keywords:
pembelajaran daring, e-modul, linktreeAbstract
Abstrak
Pada awal Maret 2020, pandemi COVID-19 mengganggu berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 yang berisi pedoman penyelenggaraan pembelajaran dari rumah pada masa darurat COVID-19. Pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini, SMP Negeri 1 Balongbendo memanfaatkan pendekatan pembelajaran daring melalui aplikasi seperti WhatsApp dan Google Classroom, serta media seperti YouTube, Google Meet, Zoom, dan PowerPoint. Meskipun ada upaya-upaya ini, keterlibatan siswa masih rendah, sebagian karena kebutuhan untuk membuat akun Google untuk mengakses Google Kelas. Penelitian ini menggunakan metode AKPL dan USG, dengan sampel 10% dari 360 siswa kelas 8 yang berjumlah 36 peserta. Teknik pengumpulan data meliputi angket, observasi lapangan, dan tes. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami kebosanan ketika menggunakan WhatsApp dan Google Classroom, serta YouTube, Google Meet, Zoom, dan PowerPoint untuk pembelajaran online. Sebaliknya, pengenalan e-modul berbasis Linktree secara signifikan menarik minat siswa. Meningkatnya minat tersebut dibuktikan dengan partisipasi aktif dalam pembelajaran online, penyerahan tugas tepat waktu, dan feedback positif dari kuesioner yang diberikan.
References
Edi Elisa. Pengertian Media Pembelajaran. educhannel.id, diakses tanggal 25 September 2021 pukul 02.03 WIB
Mayer. Richard T. 2009. Multimedia Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Nugraha, A., Subarkah, C., & Sari. (2015). Penggunaan E-Module Pembelajaran Pada Konsep Sifat Koligatif Larutan Untuk Mengembangkan Literasi Kimia SIswa. Prosiding
Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 201-204.
Tim Penyusun. 2017. Akuntabilitas : Modul Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara RI.
Winkel, W.S. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lingin Journal of Linguistics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Linguistics by Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under “the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.