PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA SISWA KELAS 7 SMP MELALUI PENGGUNAAN DESTAGRAM (DESKRIPSI CERITA MELALUI INSTAGRAM) DI SMP NEGERI 5 SIDOARJO
Keywords:
keterampilan berbicara, bercerita, deskripsi cerita via InstagramAbstract
Abstrak
Empat keterampilan berbahasa yang penting dalam pembelajaran bahasa Indonesia di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) adalah berbicara, mendengarkan, membaca, dan menulis. Namun, keterampilan-keterampilan ini sering kali diajarkan secara teoritis, kurang diterapkan secara praktis, sehingga memberikan kontribusi pada persepsi bahwa belajar bahasa Indonesia itu menantang. Persepsi ini juga terlihat di SMPN 5 Sidoarjo, Jawa Timur, khususnya kelas VII. Banyak siswa yang kurang motivasi belajar sehingga mengakibatkan nilai dan hasil belajar di bawah standar. Latihan berbicara, terutama bercerita, merupakan hal yang menakutkan bagi sebagian siswa. Faktor penyebab kesulitan ini antara lain rendahnya keterlibatan siswa dan minimnya penggunaan media digital dalam pembelajaran. Instagram, sebuah platform media sosial yang banyak digunakan oleh pelajar, menawarkan media menarik bagi mereka untuk berlatih bercerita. Minat tersebut tercermin dari aktifnya penyerahan tugas dan hasil positif dalam penilaian keterampilan berbicara. Siswa sering ragu untuk bercerita karena keterbatasan kosa kata dan takut melakukan kesalahan sehingga menyebabkan kinerja bercerita kurang memadai. Penelitian ini menggunakan metode AKPL dan USG dengan sampel sebanyak 34 siswa kelas VII. Metode pengumpulan data meliputi observasi lapangan, evaluasi kinerja, dan angket. Analisis mengungkapkan kemampuan bercerita lisan yang buruk, keterlibatan yang rendah, dan minimnya penggunaan media digital untuk tujuan pendidikan. Instagram, sebagai platform populer di kalangan pelajar, secara efektif menarik minat mereka dan mendorong ekspresi diri melalui bercerita.
References
Annur, Cindy Mutia. 2021. “Pengguna Instagram di Indonesia Mayoritas Perempuan”, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/29/perempuan-paling-banyak-gunakan-instagram-di-indonesia (diakses tanggal 24 Juli 2021)
http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4112/3/133911162_bab2.pdf (diakses tangal 4 November 2021)
http://eprints.umm.ac.id/43310/3/BAB%20II.pdf (diakses tanggal 4 November 2021)
http://eprints.umm.ac.id/43019/5/BAB%204.pdf (diakses tangal 4 November 2021)
Kamus Besar Bahasa Indonesia (Luring) Edisi V
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lingin Journal of Linguistics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Linguistics by Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under “the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.