PERMAINAN BAHASA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN ROKOK A MILD

Authors

  • Mikail Randu Rayyana UPN Veteran Jawa Timur

Keywords:

Permainan Kata Iklan Rokok, Kritik Iklan Rokok, Filsafat Bahasa dalam Pemasaran

Abstract

Artikel ini menggunakan filsafat bahasa sebagai pisau analitis untuk mengupas permainan kata dalam pemasaran rokok. Permainan bahasa merujuk pada penggunaan bahasa yang kreatif dan menyimpang dari aturan konvensional untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan dari penelitian ini untuk memberitakan kepada masyarakat tentang penggunaan permainan bahasa yang digunakan oleh salah satu pabrik rokok terkenal. Metode yang dilakukan dalam analisis ini adalah dengan cara mengumpulkan data iklan di YouTube dan mengidentifikasi penggunaan bahasa dalam narasi iklan tersebut. Analisis ini menunjukkan bahwa permainan kata dalam pemasaran rokok digunakan untuk menciptakan makna yang kompleks dan multidimensi, yang membuat pesan iklan lebih menarik dan mudah diingat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu industri rokok menggunakan beberapa teknik untuk membuat merokok terlihat menarik dan aman. Hal tersebut dapat berdampak negatif pada kesehatan masyarakat, terutama generasi muda. Penting bagi konsumen untuk lebih kritis terhadap pesan iklan rokok, dan untuk menyadari bahwa permainan kata dapat digunakan untuk memanipulasi mereka.

References

TUBAGUS JUNDI, J. U. N. D. U. L. L. A. H., Gumelar, R. G., & Septa, R. Y. (2018). KONSTRUKSI FETISHISME KOMODITAS DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Rokok Djarum Black Cappuccino versi Perfect Ingredients) (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Mun'im, M. A. (2023). RIBA DAN BUNGA DALAM" PERMAINAN BAHASA" WITTGENSTEIN. El-Waroqoh: Jurnal Ushuluddin dan Filsafat, 7(1), 160-180.

Istanto, F. H. (2003). Dekonstruksi dalam Desain Komunikasi Visual: Sebuah Penjelajahan Kemungkinan Studi Kasus Desain iklan Rokok A-mild. Nirmana, 5(1).

Pambayun, E. L., & Permassanty, T. D. (2021). An Integrated Marketing Communication Circle in 4.0 Era: Filosofi, Konsep, dan Implementasi. Penerbit Adab.

Husna, I., & Hero, E. (2022). Analisis Semiotika Ferdinand De Sausures Makna Pesan Iklan Rokok A Mild Versi Langkah. Journal of Discourse and Media Research, 1(01), 44-59.

Wibowo, A. (2020). Perilaku Konsumen & Hubungan Masyarakat. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1-174.

Sari, T. M. (2021). Makna Kritik Pesan Politik Dalam Iklan Rokok Djarum 76 Versi'Caleg Cerdas'(Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Downloads

Published

2024-11-23

How to Cite

Rayyana, M. R. (2024). PERMAINAN BAHASA SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN ROKOK A MILD . Indonesian Journal of Linguistics, 1(2), 55–60. Retrieved from https://ijl.upnjatim.ac.id/index.php/ijl/article/view/21