PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRIPT KOPERASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN SISWA KELAS X PADA MATERI TEKS EKSPOSISI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF 13 NGIMBANG, LAMONGAN, JAWA TIMUR
Keywords:
Listening Skill, Exposition Text, Cooperative Script Learning MethodAbstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penerapan dan peningkatan keterampilan teks eksposisi analitis pada siswa kelas X di MA Ma'arif 13 Ngimbang, Lamongan, Jawa Timur. Penelitian tindakan kelas ini memanfaatkan sistem pembelajaran Cooperative Script. Instrumen pengumpulan data meliputi metode tes dan non tes, seperti lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Prosedur pelaksanaannya meliputi perencanaan, pengambilan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran Cooperative Script meningkatkan keterampilan teks eksposisi analitis siswa secara signifikan. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari skor prasiklus sebesar 70,69 menjadi 77,04 pada siklus I dan 81,08 pada siklus II. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Script efektif meningkatkan keterampilan teks eksposisi analitis siswa kelas X MA Ma'arif 13 Ngimbang, Lamongan, Jawa Timur.
References
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta
Giri, Kadek Yondika Yusa, Dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV, 6 (1). (Online), https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/13108, diakses 05 Januari 2018.
Hermawan Herry. (2012) . Menyimak : Keterampilan Berkomunikasi yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Huda,Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Keraf, Gorys. (2015). Eksposisi dan Deskripsi. Flores:Nusa Indah
Majid,Abdul. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurgiyantoro,Burhan. (2010). Penilaian Pembelajaran Bahasa.Yogyakarta:BPFE
Nurwakhidah, Irma .(2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Skimming Dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Sultan Agung 2 Tebuireng Jombang Tahun Pelajaran 2013/1014. Skripsi tidak diterbitkan. Jombang, Indonesia: STKIP PGRI JOMBANG
Oktaviyani, Vani, dkk (2014). Keefektifan metode cooperative script dalam pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 1 Manisrenggo, 3 (1).(online), (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/6069/10/653), diakses 26 November 2017.
Shoimin, Aris. (2014) . 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
Sumadayo, Samsu. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta:Graha Ilmu
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lingin Journal of Linguistics

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Linguistics by Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA).
4. The Creative Commons Attribution Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under “the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.